Batu, Jawa Timur — Suasana semarak mewarnai pelaksanaan Semiloka Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab se-Indonesia (PPPBA Indonesia) yang digelar di Hotel Kartika Wijaya, Kota Batu, Jawa Timur, pada Rabu–Jumat, 5–7 November 2025. Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi para Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk memperkuat kolaborasi dan pengembangan kurikulum berbasis standar LAMDIK.


Acara bergengsi ini menghadirkan empat narasumber nasional, yakni Prof. Dr. Subanji, S.Pd., M.Si. (Anggota Tim Pengembang Kurikulum Informasi LAMDIK), Prof. Edy Cahyono, M.Si., Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A. (Pakar Kurikulum PBA dan Asesor LAMDIK), serta Prof. Dr. Hanik Mahliatussaddiyah, M.Hum. (Ketua Umum PPPBA Indonesia dan Asesor LAMDIK).
Dalam forum tersebut, Dr. Yelfi Dewi S., S.Ag., M.A., selaku Kaprodi S1 Pendidikan Bahasa Arab UIN Bukittinggi, turut hadir dan berpartisipasi aktif dalam diskusi strategis mengenai penguatan kurikulum dan akreditasi PBA di Indonesia. Selain mengikuti rangkaian semiloka dan rakernas, Dr. Yelfi Dewi juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan beberapa universitas peserta sebagai langkah konkret memperluas jejaring akademik dan kolaborasi antarprodi.




“Melalui kegiatan ini, kami berharap terjalin sinergi yang lebih kuat antarprogram studi PBA di seluruh Indonesia, baik dalam bidang kurikulum, penelitian, maupun pengabdian masyarakat,” ujar Dr. Yelfi Dewi usai kegiatan.
Semiloka dan Rakernas PPPBA Indonesia 2025 ini menjadi ajang penting untuk menyamakan visi pengembangan mutu Pendidikan Bahasa Arab di tanah air. Selain membahas pembaruan instrumen akreditasi, para peserta juga mendiskusikan strategi penerapan kurikulum Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) serta penguatan nilai-nilai keislaman dan kebahasaaraban dalam pembelajaran.
Dengan semangat kolaborasi dan profesionalisme, kegiatan ini menegaskan komitmen PPPBA Indonesia dan seluruh prodi PBA di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab yang unggul, adaptif, dan berdaya saing global.
