Bukittinggi – Ketua Program Studi S2 Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Dr. Absharini Kardena, M.Pd., menjadi pemateri dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP se-Kota Bukittinggi pada Senin, 4 Agustus 2025. Kegiatan ini mengangkat tema “Learning Deep Learning pada Kurikulum Merdeka” dan dilaksanakan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Acara dibuka secara resmi oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Bukittinggi bersama Koordinator MGMP, Ibu Neldawati, S.Pd. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi dan MGMP dalam rangka memperkuat kolaborasi akademik dan peningkatan kualitas pendidikan.
Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 26 guru Bahasa Inggris dari berbagai SMP negeri dan swasta di Kota Bukittinggi ini menjadi ruang diskusi dan peningkatan kompetensi guru dalam memahami dan mengimplementasikan konsep deep learning yang menjadi bagian penting dalam Kurikulum Merdeka.
Dalam Kurikulum Merdeka, deep learning tidak hanya menuntut siswa untuk memahami konsep secara mendalam, tetapi juga menuntut guru untuk mampu merancang pembelajaran yang memfasilitasi proses berpikir kritis, kreatif, dan reflektif,” ungkap Dr. Absharini dalam paparannya.
MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Bukittinggi telah merencanakan bahwa kegiatan ini akan berlanjut sepanjang semester ini, dengan berbagai topik seputar Kurikulum Merdeka, seperti analisis capaian pembelajaran, penerapan project-based learning, dan pendekatan lainnya yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
Sebagai luaran dari kegiatan ini, para guru peserta MGMP diharapkan dapat menghasilkan produk berupa guideline atau panduan praktis dalam mengajar Bahasa Inggris berbasis Kurikulum Merdeka, yang akan menjadi acuan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah masing-masing.
Kegiatan ini mencerminkan sinergi antara dunia akademik dan praktisi pendidikan dalam membangun pendidikan yang lebih adaptif dan berkualitas di era transformasi pendidikan saat ini.