Pendidikan Profesi Guru

PENDIDIKAN PROFESI GURU

  • SEKAPUR SIRIH
  • VISI DAN MISI
  • TUJUAN
  • KURIKULUM
  • KERJASAMA
  • DATA DOSEN
  • DATA TENDIK
  • ANGGOTA ASOSIASI
  • KEGIATAN PENELITIAN
  • KEGIATAN PENGABDIAN
  • KEGIATAN MAHASISWA
  • LAPORAN DAN SURVEY
  • GALERY

Sekapur Sirih

Ketua Prodi PPG

Dr. Syawaluddin, M.Pd

VISI

Menjadi fakultas unggul bertaraf internasional dalam menciptakan dan mengembangkan SDM bidang pendidikan berbasis keislaman, sains teknologi, dan kearifan lokal pada 2047

 

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran berbasis keislaman, sains teknologi, kearifan lokal dan bertaraf internasional
  2. Melaksanakan penelitian yang terintegrasi antara dosen dan mahasiswa berbasis keislaman, sains teknologi, kearifan lokal dan bertaraf internasional
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mekanisme kemitraan berbasis keislaman, sains teknologi, kearifan lokal dan bertaraf internasional
  4. Meningkatkan SDM Pendidik dan Kependidikan yang kompeten, profesional dan berdaya saing internasional
  5. Meningkatkan mutu layanan akademik dengan penguatan sarana prasarana berbasis ICT
  6. Menguatkan jaringan kemitraan bertaraf internasional

Tujuan

  1. Dihasilkannya sarjana pendidikan yang kompeten dibidang keislaman, sains teknologi, kearifan lokal dan berdaya saing internasional
  2. Tersedianya karya penelitian hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa yang bereputasi internasional
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dengan mekanisme kemitraan hasil kolaborasi internasional
  4. Tersedianya SDM pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, kompeten dan berdaya saing internasional
  5. Terlaksananya layanan akademik dengan penguatan sarana prasarana berbasis ICT
  6. Terjalinnya jaringan kemitraan bertaraf internasional

KEGIATAN PENELITIAN DOSEN PPG

NoNama Dosen/ NIPJudul PTKTahunUraian relevansi dengan masalah pembelajaran
-1-2-3-4-5
1Dr. Wedra Aprison, M.Ag/Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Card Sort Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII di MTs. Al-Hijriyah Tahun Pelajaran 2023/20242023Relevan dengan masalah pembelajaran karena strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), metode ini memungkinkan siswa untuk mengorganisir informasi secara mandiri dan kolaboratif, sehingga memperdalam pemahaman mereka terhadap materi. Card Sort juga mendorong keterampilan berpikir kritis dan analitis serta memperkuat ingatan melalui aktivitas yang menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, strategi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
2Dr. Wedra Aprison, M.Ag/Penerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Zakat Fitrah pada Siswa Kelas V MIS Nurul Huda2023Relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Card Sort dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan kartu yang berisi informasi tentang zakat fitrah, siswa secara aktif mengelompokkan dan menyusun kartu tersebut, yang membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik. Aktivitas ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, tetapi juga meningkatkan retensi informasi dan hasil belajar. Selain itu, metode ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan berdiskusi, yang memperkaya pengalaman belajar mereka dan memperkuat pemahaman materi zakat fitrah.
3Dr. Iswantir M, M.AgPeningkatan Hasil Belajar PAI Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di SDN 20 Gumarang Tahun Pelajaran 2023/20242023Relevan dengan masalah pembelajaran karena Model Problem Based Learning (PBL) mendorong siswa untuk memecahkan masalah nyata yang berkaitan dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). PBL meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis dengan menghadirkan situasi yang membutuhkan analisis mendalam dan pemecahan masalah. Metode ini membuat pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual, sehingga siswa dapat mengaitkan konsep PAI dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya, pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, menjadikan PBL sebagai pendekatan yang efektif dalam pengajaran PAI.
4Dr. Iswantir M, M.AgPeningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Small Group Discussion pada Siswa Kelas VI MI Ma’arif 2 Jatisari Kebumen Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/20232022Relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Small Group Discussion (SGD) dapat meningkatkan hasil belajar dengan mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi antar siswa. Dalam mata pelajaran Fiqih, SGD memungkinkan siswa untuk berdiskusi, bertukar ide, dan memecahkan masalah bersama, yang memperdalam pemahaman mereka terhadap materi. Metode ini juga mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif. Dengan demikian, penerapan SGD efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan hasil belajar siswa di MI Ma’arif 2 Jatisari.
5Dr. Syawaluddin, M.Pd.,Kons Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Make a Match pada Materi Pembelajaran Tanda-Tanda Usia Baligh Menurut Ilmu Fikih Kelas IV di SD Negeri 10 Sungai Nibuang2023Relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Make a Match meningkatkan keterlibatan dan aktivitas belajar siswa melalui permainan pencocokan kartu yang interaktif. Dalam pembelajaran tanda-tanda usia baligh menurut ilmu Fikih, metode ini membantu siswa mengingat dan memahami konsep dengan lebih baik melalui aktivitas yang menyenangkan dan kolaboratif. Siswa secara aktif mencari pasangan kartu yang tepat, yang memperkuat pemahaman mereka terhadap materi dan meningkatkan hasil belajar. Metode ini juga mempromosikan kerja sama dan komunikasi antar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan efektif.
6Dr. Junaidi, M.PdPeningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Fikih Melalui Problem Based Learning di MIS MPI Dusun XIVA2023Relevan dengan masalah pembelajaran karena Problem Based Learning (PBL) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan menghadirkan masalah nyata yang perlu mereka pecahkan. Dalam konteks pembelajaran Fikih, PBL mendorong siswa untuk mencari solusi dan menerapkan konsep-konsep fikih dalam situasi yang relevan dengan kehidupan mereka. Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga mengembangkan kreativitas siswa dalam menemukan dan merancang solusi. Dengan demikian, PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa di MIS MPI Dusun XIVA, menjadikannya pendekatan yang inovatif dan relevan dalam pembelajaran fikih.
7Dr. Syawaluddin, M.Pd.,Kons Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SDN 20 OKU Tahun Pelajaran 2022/2023 2023Relevan dengan masalah pembelajaran karena Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. PBL mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dan berpikir kritis dengan menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendekatan ini membantu siswa mengaitkan konsep PAI dengan situasi kehidupan nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual. Penerapan PBL di SDN 20 OKU diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dengan menumbuhkan kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan pemahaman mendalam terhadap materi PAI.
8Dr. Charles, M.Pd.IPengaruh Strategi Pembelajaran Bermain Peran terhadap Hasil Belajar SKI Kelas VI di MIN 53 Pidie 2023Relevan dengan masalah pembelajaran karena strategi pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dalam pembelajaran SKI, bermain peran memungkinkan siswa untuk memerankan tokoh sejarah atau situasi tertentu, yang memperdalam pemahaman mereka tentang konteks sejarah dan nilai-nilai Islam. Melalui interaksi langsung dengan materi, siswa menjadi lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar, sehingga memperkuat retensi dan pemahaman mereka. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran bermain peran di MIN 53 Pidie diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI.
9Dr. Syawaluddin, M.Pd.,KonsMeningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Make a Match dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN 172023Batugadang  relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Make a Match dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka terhadap materi Pendidikan Agama Islam. Dalam pembelajaran kelas IV, metode ini memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep-konsep agama dengan contoh-contoh yang relevan melalui permainan pencocokan kartu. Aktivitas yang interaktif ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu siswa mengingat informasi dengan lebih baik. Dengan demikian, penerapan metode Make a Match di SDN 17 Batugadang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
10Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.PdPemanfaatan Media Audio Visual pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didi2023Relevan  dengan masalah pembelajaran karena mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran inovatif untuk memperdalam pemahaman siswa. Media audio visual membantu siswa memahami konsep tajwid melalui visualisasi dan pendengaran yang jelas, sementara Problem Based Learning (PBL) mendorong mereka untuk aktif memecahkan masalah nyata terkait ilmu tajwid. Kombinasi ini meningkatkan keterlibatan, retensi, dan pemahaman siswa secara signifikan, menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menarik.
11Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning2023Relevan dengan masalah pembelajaran karena menyoroti bagaimana pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. PBL mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata, yang meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Metode ini juga membuat pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna, memungkinkan siswa untuk mengaitkan teori dengan praktik. Dengan menggunakan PBL, siswa menjadi lebih mandiri dan termotivasi, yang secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mereka di berbagai mata pelajaran.
NoNama Dosen/NIPJudul PenelitianBentuk Luaran (jurnal, prosiding, media online)Judul Luaran
-1-2-3-4-5
1Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Model PembelajaranJurnalPemanfaatan Media Audio Visual Pada Model Pembelaj aran
Problem Basic Learning (PBLProblem Basic Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didik
) Untuk Meningkatkan
Pemahaman
Ilmu Tajwid Peserta Didik
2Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005Hasil Belajar Siswa ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based LearningJurnalHasil Belajar Siswa ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning
3Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005Hasil Belajar Siswa Menggunakan Mediapower PointJurnalHasil Belajar Siswa Menggunakan Mediapower Point
4Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005Penggunaan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil BelajarJurnalPenggunaan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
5Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005Minat Belajar Peserta didik ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based LearningJurnalMinat Belajar Peserta didik ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning
6Dr. Iswantir, M, M.Ag/ 197605192006041001Implementasi Problem Based Learning Pada Pelajaran Fiqih Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta DidikJurnalImplementasi Problem Based Learning Pada Pelajaran Fiqih Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik

Berita PPG

Studium General PPG 2025: Meneguhkan Moderasi Beragama di Era Digital

Bukittinggi, 31 Juli 2025 — Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) sukses menyelenggarakan kegiatan Studium General bertajuk “Meneguhkan Moderasi Beragama dalam Praktik Pendidikan: Peran Strategis Guru PAI di Era Digital” pada Kamis, 31 Juli 2025. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, dan menghadirkan Dr. M. Munir, S.Ag., M.A, salah satu anggota Tim Panitia...
Read More

Pengukuhan Peserta PPG Tahap 2 Tahun 2024 Digelar di UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Bukittinggi, 26 Juni 2025 – Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menyelenggarakan kegiatan Pengukuhan Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahap 2 Tahun 2024 pada Kamis, 26 Juni 2025 bertempat di Student Center kampus tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh 402 peserta dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Acara pengukuhan berlangsung dengan khidmat...
Read More

Penguatan Kapasitas dan Sinergi Penguji UKin: Menuju Pelaksanaan Uji Kinerja PPG yang Efektif dan Berintegritas

Bukittinggi, 25 Mei 2025 — Dalam rangka meningkatkan mutu pelaksanaan Uji Kinerja (UKin) bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2025, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan kegiatan Refreshment Penguji UKin dengan tema “Penguatan Kapasitas dan Sinergi Menuju Pelaksanaan Uji Kinerja PPG yang Efektif dan Berintegritas”, bertempat di Grand Royal...
Read More

PPG UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi Mulai Melaksanakan Perkuliahan Perdana

Bukittinggi, 21 Oktober 2024 – Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi resmi memulai perkuliahan perdana pada hari ini. Kegiatan ini menandai dimulainya rangkaian pendidikan dan pelatihan untuk para calon guru profesional yang diharapkan dapat memenuhi standar kompetensi dan etika profesi sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam kesempatan...
Read More

Prodi PPG UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Gelar Refresmen Dosen: Fokus Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran

Bukittinggi, 20 Oktober 2024 – Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi melaksanakan kegiatan refresmen dosen dengan mengangkat tema “Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Strategi Mengintegrasikan Teknologi dalam Pengajaran untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan PPG Batch 2 Tahun 2024.” Kegiatan ini berlangsung di Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi dan dihadiri oleh...
Read More

UIN Bukittinggi Selenggarakan Orientasi PPG Tatap Muka, 179 Guru dari Pasaman Siap Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Bukittinggi, 18 Oktober 2024 – Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi sukses melaksanakan orientasi perkuliahan PPG secara offline di kampus UIN Bukittinggi. Kegiatan ini diikuti oleh 179 peserta dari Kabupaten Pasaman, yang diselenggarakan sebagai langkah awal untuk mempersiapkan para guru dalam meningkatkan kompetensi profesional mereka. Acara tersebut dihadiri oleh...
Read More

Orientasi Perkuliahan PPG UIN Bukittinggi: 178 Guru Siap Tingkatkan Kompetensi

Bukittinggi, 17 Oktober 2024 – Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi telah melaksanakan orientasi perkuliahan PPG secara daring melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini menghadirkan narasumber utama yaitu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumatera Barat, H. Syahrizal, S.Ag, MM, serta Kaprodi PPG Dr. Syawaluddin,...
Read More

Siap Jadi Penulis Hebat! Prodi PPG LPTK UIN Bukittinggi Gelar Workshop Publikasi Artikel Ilmiah

Bukittinggi, 8 Oktober 2024 – Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Bukittinggi kembali melaksanakan kegiatan pengembangan akademik bagi mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung pada hari ini bertajuk “Kiat Sukses Dalam Penerbitan Artikel di Jurnal Terindeks Nasional”. Workshop ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan...
Read More

PPG UIN Bukittinggi Laksanakan Review Kegiatan PPL

Bukittinggi, 02 Oktober 2024 – Program Profesi Guru (PPG) UIN Bukittinggi kembali menggelar kegiatan review Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara daring pada Rabu, 2 Oktober 2024. Acara ini menghadirkan Kaprodi PPG, Dr. Syawaluddin, M.Pd, M.Psi, MH, Kons, sebagai narasumber utama yang memberikan arahan terkait evaluasi dan pengembangan pelaksanaan PPL. Review ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman...
Read More
daftar situs terpercaya slot server thailand https://luminosacare.com/wp-content/uploads/ deposit 25 bonus 25 slot deposit pulsa xl pkv games pkv games domino99 slot deposit indosat domino99 dominoqq akun pro filipina akun pro jepang akun pro lebanon akun pro monaco akun pro taiwan pkv games bandarqq pkv games pkv games pkv games dominoqq slot dana 5000 deposit 25 bonus 25 depo 20 bonus 20 pkv games pkv games dominoqq pkv games pkv games dominoqq bandarqq pkv games bandarqq dominoqq dominoqq bandarqq pkv dominoqq bandarqq pkv pkv games pkv games bandarqq pkv pkv games slot deposit pulsa pkv games qq online qq dominoqq pkv games bandarqq pkv games qq pkv games pkv games bandarqq pokerqq pkv games bandarqq dominoqq pkv games dominoqq bandarqq pkv games dominoqq bandarqq Depo 25 Bonus 25 bocoran slot dominoqq pola slot dominoqq pkv games dominoqq