Ketua Prodi PPG
Dr. Syawaluddin, M.Pd
VISI
Menjadi fakultas unggul bertaraf internasional dalam menciptakan dan mengembangkan SDM bidang pendidikan berbasis keislaman, sains teknologi, dan kearifan lokal pada 2047
MISI
No | Nama Dosen/ NIP | Judul PTK | Tahun | Uraian relevansi dengan masalah pembelajaran |
---|---|---|---|---|
-1 | -2 | -3 | -4 | -5 |
1 | Dr. Wedra Aprison, M.Ag/ | Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Card Sort Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII di MTs. Al-Hijriyah Tahun Pelajaran 2023/2024 | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), metode ini memungkinkan siswa untuk mengorganisir informasi secara mandiri dan kolaboratif, sehingga memperdalam pemahaman mereka terhadap materi. Card Sort juga mendorong keterampilan berpikir kritis dan analitis serta memperkuat ingatan melalui aktivitas yang menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, strategi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. |
2 | Dr. Wedra Aprison, M.Ag/ | Penerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Zakat Fitrah pada Siswa Kelas V MIS Nurul Huda | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Card Sort dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan kartu yang berisi informasi tentang zakat fitrah, siswa secara aktif mengelompokkan dan menyusun kartu tersebut, yang membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik. Aktivitas ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, tetapi juga meningkatkan retensi informasi dan hasil belajar. Selain itu, metode ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan berdiskusi, yang memperkaya pengalaman belajar mereka dan memperkuat pemahaman materi zakat fitrah. |
3 | Dr. Iswantir M, M.Ag | Peningkatan Hasil Belajar PAI Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di SDN 20 Gumarang Tahun Pelajaran 2023/2024 | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena Model Problem Based Learning (PBL) mendorong siswa untuk memecahkan masalah nyata yang berkaitan dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). PBL meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis dengan menghadirkan situasi yang membutuhkan analisis mendalam dan pemecahan masalah. Metode ini membuat pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual, sehingga siswa dapat mengaitkan konsep PAI dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya, pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, menjadikan PBL sebagai pendekatan yang efektif dalam pengajaran PAI. |
4 | Dr. Iswantir M, M.Ag | Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Small Group Discussion pada Siswa Kelas VI MI Ma’arif 2 Jatisari Kebumen Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023 | 2022 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Small Group Discussion (SGD) dapat meningkatkan hasil belajar dengan mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi antar siswa. Dalam mata pelajaran Fiqih, SGD memungkinkan siswa untuk berdiskusi, bertukar ide, dan memecahkan masalah bersama, yang memperdalam pemahaman mereka terhadap materi. Metode ini juga mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif. Dengan demikian, penerapan SGD efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan hasil belajar siswa di MI Ma’arif 2 Jatisari. |
5 | Dr. Syawaluddin, M.Pd.,Kons | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Make a Match pada Materi Pembelajaran Tanda-Tanda Usia Baligh Menurut Ilmu Fikih Kelas IV di SD Negeri 10 Sungai Nibuang | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Make a Match meningkatkan keterlibatan dan aktivitas belajar siswa melalui permainan pencocokan kartu yang interaktif. Dalam pembelajaran tanda-tanda usia baligh menurut ilmu Fikih, metode ini membantu siswa mengingat dan memahami konsep dengan lebih baik melalui aktivitas yang menyenangkan dan kolaboratif. Siswa secara aktif mencari pasangan kartu yang tepat, yang memperkuat pemahaman mereka terhadap materi dan meningkatkan hasil belajar. Metode ini juga mempromosikan kerja sama dan komunikasi antar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan efektif. |
6 | Dr. Junaidi, M.Pd | Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Fikih Melalui Problem Based Learning di MIS MPI Dusun XIVA | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena Problem Based Learning (PBL) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan menghadirkan masalah nyata yang perlu mereka pecahkan. Dalam konteks pembelajaran Fikih, PBL mendorong siswa untuk mencari solusi dan menerapkan konsep-konsep fikih dalam situasi yang relevan dengan kehidupan mereka. Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga mengembangkan kreativitas siswa dalam menemukan dan merancang solusi. Dengan demikian, PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa di MIS MPI Dusun XIVA, menjadikannya pendekatan yang inovatif dan relevan dalam pembelajaran fikih. |
7 | Dr. Syawaluddin, M.Pd.,Kons | Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SDN 20 OKU Tahun Pelajaran 2022/2023 | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. PBL mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dan berpikir kritis dengan menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendekatan ini membantu siswa mengaitkan konsep PAI dengan situasi kehidupan nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual. Penerapan PBL di SDN 20 OKU diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dengan menumbuhkan kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan pemahaman mendalam terhadap materi PAI. |
8 | Dr. Charles, M.Pd.I | Pengaruh Strategi Pembelajaran Bermain Peran terhadap Hasil Belajar SKI Kelas VI di MIN 53 Pidie | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena strategi pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dalam pembelajaran SKI, bermain peran memungkinkan siswa untuk memerankan tokoh sejarah atau situasi tertentu, yang memperdalam pemahaman mereka tentang konteks sejarah dan nilai-nilai Islam. Melalui interaksi langsung dengan materi, siswa menjadi lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar, sehingga memperkuat retensi dan pemahaman mereka. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran bermain peran di MIN 53 Pidie diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI. |
9 | Dr. Syawaluddin, M.Pd.,Kons | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Make a Match dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN 17 | 2023 | Batugadang relevan dengan masalah pembelajaran karena metode Make a Match dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka terhadap materi Pendidikan Agama Islam. Dalam pembelajaran kelas IV, metode ini memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep-konsep agama dengan contoh-contoh yang relevan melalui permainan pencocokan kartu. Aktivitas yang interaktif ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu siswa mengingat informasi dengan lebih baik. Dengan demikian, penerapan metode Make a Match di SDN 17 Batugadang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. |
10 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd | Pemanfaatan Media Audio Visual pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didi | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran inovatif untuk memperdalam pemahaman siswa. Media audio visual membantu siswa memahami konsep tajwid melalui visualisasi dan pendengaran yang jelas, sementara Problem Based Learning (PBL) mendorong mereka untuk aktif memecahkan masalah nyata terkait ilmu tajwid. Kombinasi ini meningkatkan keterlibatan, retensi, dan pemahaman siswa secara signifikan, menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menarik. |
11 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd | Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning | 2023 | Relevan dengan masalah pembelajaran karena menyoroti bagaimana pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. PBL mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata, yang meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Metode ini juga membuat pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna, memungkinkan siswa untuk mengaitkan teori dengan praktik. Dengan menggunakan PBL, siswa menjadi lebih mandiri dan termotivasi, yang secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mereka di berbagai mata pelajaran. |
No | Nama Dosen/NIP | Judul Penelitian | Bentuk Luaran (jurnal, prosiding, media online) | Judul Luaran |
-1 | -2 | -3 | -4 | -5 |
1 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005 | Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Model Pembelajaran | Jurnal | Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Model Pembelaj aran |
Problem Basic Learning (PBL | Problem Basic Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didik | |||
) Untuk Meningkatkan | ||||
Pemahaman | ||||
Ilmu Tajwid Peserta Didik | ||||
2 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005 | Hasil Belajar Siswa ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning | Jurnal | Hasil Belajar Siswa ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning |
3 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005 | Hasil Belajar Siswa Menggunakan Mediapower Point | Jurnal | Hasil Belajar Siswa Menggunakan Mediapower Point |
4 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005 | Penggunaan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar | Jurnal | Penggunaan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar |
5 | Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd / 198109232005012005 | Minat Belajar Peserta didik ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning | Jurnal | Minat Belajar Peserta didik ditinjau dari Penggunaan Model Problem Based Learning |
6 | Dr. Iswantir, M, M.Ag/ 197605192006041001 | Implementasi Problem Based Learning Pada Pelajaran Fiqih Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik | Jurnal | Implementasi Problem Based Learning Pada Pelajaran Fiqih Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik |