Bukittinggi, 8 April 2022 – Dalam upaya meningkatkan kompetensi akademik dan profesionalisme mahasiswa, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Bukittinggi menyelenggarakan pelatihan penulisan dan publikasi karya ilmiah dengan tema “Penulisan dan Publikasi Artikel Penelitian Tindakan Kelas pada Jurnal Nasional Terakreditasi.”
Pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan dibimbing oleh para ahli di bidang penulisan ilmiah dan publikasi jurnal. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teknik penulisan artikel ilmiah, proses publikasi di jurnal nasional terakreditasi, serta pentingnya penelitian tindakan kelas (PTK) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Iswantir, M.Ag, membuka acara pelatihan dengan menyampaikan pentingnya keterampilan menulis dan mempublikasikan karya ilmiah bagi mahasiswa PPG. “Karya ilmiah yang dipublikasikan tidak hanya menjadi bukti kompetensi akademik, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan. Oleh karena itu, kami sangat mendorong mahasiswa untuk aktif dalam penelitian dan publikasi,” ujar Dr. Iswantir.
Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi tentang berbagai aspek penulisan artikel ilmiah, mulai dari penentuan topik, penyusunan kerangka artikel, metode penelitian, analisis data, hingga teknik penulisan yang baik dan benar. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang proses dan strategi publikasi di jurnal nasional terakreditasi, termasuk cara mengatasi tantangan yang sering dihadapi dalam proses tersebut.
Salah satu peserta pelatihan, Siti Rahmawati, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami mendapatkan banyak ilmu baru tentang cara menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan bagaimana mempublikasikannya di jurnal terakreditasi. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih giat dalam melakukan penelitian dan menulis,” ungkapnya.
Para narasumber juga memberikan sesi praktik langsung, di mana peserta diajak untuk mulai menulis draf artikel ilmiah mereka sendiri berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan. Peserta kemudian mendapatkan umpan balik konstruktif dari narasumber untuk menyempurnakan tulisan mereka.
Dengan adanya pelatihan ini, UIN Bukittinggi berharap mahasiswa PPG dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan. Keterampilan penulisan dan publikasi yang mereka peroleh diharapkan dapat menjadi modal berharga dalam karier mereka sebagai guru profesional.