Bukittinggi, 27 september 2024 – Dalam upaya memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan dasar, Program Studi Statistika di UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi meluncurkan program kelas responsi untuk mahasiswa semester awal. Program ini dirancang untuk mendukung proses belajar mahasiswa pada tiga mata kuliah penting di semester 1, yaitu Teori Peluang, Kalkulus, serta Logika dan Himpunan. Setiap kelas responsi akan diadakan seminggu sekali sebagai sarana pendalaman materi di luar jam kuliah reguler.
Langkah pertama dalam pelaksanaan program ini adalah pembukaan rekrutmen tutor pengampu responsi dari kalangan mahasiswa semester 3. Setelah melalui seleksi ketat, terpilihlah beberapa tutor yang akan mendampingi mahasiswa dalam memahami materi-materi kompleks ini. Alya Rahmi terpilih sebagai tutor untuk mata kuliah Kalkulus, Nadya Aurora Princessa untuk Aljabar Matriks, dan Rahul Fikri Alamsyah sebagai tutor Logika dan Himpunan.
Kelas responsi ini diharapkan mampu memperkuat pondasi akademik mahasiswa, khususnya pada konsep-konsep dasar yang sering menjadi tantangan di awal perkuliahan. Ketiga mata kuliah tersebut—Teori Peluang, Kalkulus, dan Logika dan Himpunan—memegang peran penting dalam memahami statistik serta matematika tingkat lanjut, yang menjadi fondasi utama dalam penguasaan ilmu statistika.
Menurut Ketua Program Studi Statistika, kelas responsi ini tidak hanya bertujuan membantu mahasiswa memahami materi, tetapi juga melatih mereka untuk berpikir kritis dan terstruktur. “Kelas responsi ini adalah bentuk dukungan bagi mahasiswa untuk mendalami konsep-konsep dasar, karena kami melihat bahwa pemahaman yang kuat sejak awal akan berdampak pada prestasi akademik mahasiswa di semester-semester berikutnya,” ujarnya.
Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam memahami materi kuliah, mengajukan pertanyaan, dan berdiskusi dengan teman sebaya di bawah bimbingan tutor yang sudah berpengalaman. Prodi Statistika berharap bahwa kelas responsi akan menjadi wadah pembelajaran yang efektif, membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk tantangan akademik selanjutnya.