Bukittinggi – Dalam rangka menyukseskan pencapaian Visi-Misi Prodi Pendidikan Matematika yang juga didasarkan pada Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) dan Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) dalam hal pengembangan keilmuan melalui pelaksanaan penelitian yang didukung oleh teknologi dan pengembangan nilai-nilai keislaman serta Integrasi Keilmuan, Program Studi PMTK melaksanakan Webinar dengan tema “Integrasi Matematika dan Al-Qur’an serta Implementasinya dalam Pembelajaran.”
Kegiatan webinar ini dilaksanakan secara online pada hari Rabu, 05 April 2023 melalui zoom meeting dan diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Ibu Haida Fitri, M.Si. menyampaikan harapaanya agar kegiatan webinar ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana belajar dan sumber motivasi bagi dosen dan mahasiswa untuk dapat merangcang serta melaksanakan pembelajaran matematika terintegrasi al-Qur’an.
Webinar yang dilaksanakan ini mendapatkan sambutan yang baik dari Bapak Dr. Iswantir M, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Melalui sambutan beliau dalam acara pembukaan webinar, bapak dekan menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan Prodi Pendidikan Matematika melaksanakan webinar mandiri dengan menghadirkan tiga orang narasumber. Adapun narasumber dalam kegiatan webinar ini adalah: 1) Dr. Abdussakir, M.Pd. (Kaprodi Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim); 2) Dr. M. Imamuddin, M.Pd., M.E. (Dosen Pendidikan Matematika UIN Sjech M. Djail Djambek Bukittinggi); dan 3) Dewi Rosikhoh, S.Si., M.Pd. (Dosen Tadris Matematika IAIN Madura).
Bapak Dr. Abdussakir, M.Pd. saat menyampaikan materi “Memadu Matematika-Al Qur’an” menegaskan bahwa orang yang suka mengaji al-Qur’an mestinya suka matematika. Bapak Dr. M. Imamuddin, M.Pd., M.E dan Ibu Dewi Rosikhoh, S.Si., M.Pd. kemudian memberikan materi teknis tentang cara mengimplementasikan integrasi Islam dalam pembelajaran matematika. Dengan mengintegrasikan al-Qur’an dalam pembelajaran, diharapkan matematika dapat menjadi salah satu sarana dakwah kepada mahasiswa, pelajar, maupun masyarakat.